Hukum Meninggalkan Puasa Karena Malas (Sengaja)

Ada dua pendapat;

︵ ▻Pendapat pertama, mengatakan bahwa siapa saja yg membatalkan puasa dengan sengaja atau tidak berpuasa baik karena ada udzur atau pun tidak, maka wajib bgnya untuk mengqodho’ (mengganti puasanya).

Pendapat ini merupakan pendapat Jum’hur Ulama’.

︵ ▻ Pendapat kedua, mengatakan bahwa bagi org yg tidak berpuasa dengan sengaja tanpa ada udzur, ia berdosa &tdk wajib baginya untuk mengqodho’ (mengganti) puasa, dan cukup baginya bertaubat kpd Allah dg sesungguhnya dengan ikhlash (bukan riya’), menyesali dosa yg telah dia lakukan, kembali melaksanakan puasa Ramadhan jika berjumpa kembali, bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan yg pernah dilakukan.

Dan taubat tersebut dilakukan sebelum datang kematian atau sebelum matahari terbit dari sebelah barat, karena qadla disyariatkan bagi org yangg memiliki udzur (berhalangan). Sebagaimana firman Allah Ta’ala, artinya,

“Maka bargsiapa di antara kamu ada yg sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka),maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yg ditinggalkan itu pada hari2 yg lain.” (QS. Al-Baqarah: 184)

Juga Rasulullah bersabda, “Siapa yg berbuka (tidak berpuasa) satu hari dari bulan Ramadlan dengan sengaja, maka puasa setahun tidak bisa mencukupinya (menggantikannya), sehingga dia akan bertemu dg Allah; kalau Dia berkehendak akan mengampuninya. & jika berkehendak akan mengadzabnya.” (HR. Abdurrazaq dg sanad yg shahih)

Dan alasan berikutnya,“Ibadah yg memiliki batasan waktu awal dan akhir,jika seseorng meninggalkannya tanpa udzur (tanpa alasan), maka tidak disyariatkan baginya untuk mengqodho’ kecuali jika ada dalil baru yg mensyariatkannya”.

Maka apabila seseorang mengerjakan ibadah tersebut di luar waktunya tanpa ada udzur (alasan), maka ibadah tadi tidaklah bermanfaat&tidak sah sebagaimana hal  ini yg dikatakan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin Rahimahullahu. Dan pendapat inilah yg lebih kuat menurut beliau.

Semoga bermanfaat.

Abu Farwa al- Hakim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s